Strategi Peningkatan Kompetensi Pendidik Dan Inovasi Metode Pembelajaran Menuju Profesionalisme Guru

Dalam rangka rangkaian kegiatan Dies Natalis ke 5, Program Magister Manajemen STIE WIDYA WIWAHA Yogyakarta menyelenggarakan seminar Nasional dengan mengambil tema “STRATEGI PENINGKATAN KOMPETENSI PENDIDIK DAN INOVASI METODE PEMBELAJARAN MENUJU PROFESIONALISME GURU”. Seminar ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 19 Januari 2013 mulai jam 08.30 s.d. selesai bertempat di Hotel Sahid Raya Hotel, Jl. Babarsari, Depok, Sleman, Yogyakarta

Sebagai pembicara dalam Sesi I adalah Bapak Drs. Indartato, MM ( Bupati Pacitan ) dan Prof. Dr. Slamet, PH., MA., M.Ed., MLHR, Ph.D. ( Guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta /UNY ), sementara itu pada sesi II tampil sebagai pembicara Drs. Mahsun Zein, M.Ag.(Bupati Purworejo ) dan Dr. Syaiful Ridlo, M.Si ( Dosen dari Universitas Negeri Semarang /UNES ) serta sebagai keynote speech Prof. Dr. Abdul Halim, MBA ( Guru Besar FE Universitas Gajah Mada Yogyakarta )

Dalam seminar Nasional ini akan mengulas bagaimana sebenarnya inovasi dalam porses pembelajaran yang perlu dilakukan oleh seorang tenaga pendidik agar tercipta suasana belajar yang kondusif dan inspiratif. Kompetensi profesional guru dapat diartikan sebagai kemampuan dan kewenangan guru dalam menjalankan profesi keguruannya. Guru yang kompeten dan profesional adalah guru piawai dalam melaksanakan profesinya. Guru dapat didefinisikan sebagai penguasaan terhadap pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap yang direfleksikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak dalam menjalankan profesi sebagai guru. Guru sebagai agen pembelajaran diharapkan memiliki empat jenis kompetensi guru. Empat kompetensi tersebut yakni kompetensi pedagogik, sosial, kepribadian, dan kompetensi profesional.
Bapak Muh. Mahsun, SE., M.Si., Ak. Selaku ketua STIE Widya Wiwaha berharap agar Seminar Nasional ini dapat memberikan kontribusi nyata dalam peningkatan kompetensi tenaga pendidik serta mampu mengeksplorasi formula pembelajaran yang inovatif dan efektif untuk menghadapi turbelensi perubahan lingkungan dunia pendidikan yang sangat pesat

Dari seminar ini ditergetkan diikuti oleh 300 peserta dari berbagai kalangan yang terdiri dari Para Guru dari tingkat pendidikan dasar sampai tingkat Menengah, para Kepala Sekolah, Pemerhati pendidikan, Praktisi, Akademisi serta masyarakat pada umunya dari Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Seminar ini terselenggara berkat kerjasama antara Program Magister Manajemen STIE WIDYA WIWAHA Yogyakarta dengan SKH Kedaulatan Rakyat.

Gallery Seminar Nasional, klik disini.