HMJ Akuntansi STIE WW Goes to OJK DIY

STIE WIDYA WIWAHA ?Sekolah Bisnis Masa Depan Berbasis Kewirausahaan? selain memberikan materi perkuliahan yang sesuai dengan bidang studi yang diajarkan baik secara teori namun juga memberikan tambahan wawasan kepada mahasiswa untuk terjun langsung kedunia industri. Hal ini diharapkan agar nantinya setelah lulus dari STIE WIDYA WIWAHA mahasiswa lebih siap dan memiliki keberanian dalam memasuki dunia kerja dan dunia usaha seperti yang telah menjadi prinsip dari STIE WIDYA WIWAHA Yogyakarta yaitu ?mempersiapkan Wirausahawan Unggul dan Akuntan Handal.

Sebagai wujud aplikasi mata kuliah yang ada di Jurusan Akuntansi yang telah diajarkan di STIE WIDYA WIWAHA maka pada hari Selasa, 13 Oktober 2015 para mahasiswa tersebut di atas melakukan kunjungan industri ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Daerah Istimewa Yogyakarta.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah lembaga negara yang dibentuk berdasarkan UU Nomor 21 Tahun 2011 yang berfungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan. OJK adalah lembaga yang independen dan bebas dari campur tangan pihak lain, yang mempunyai fungsi, tugas, dan wewenang pengaturan, pengawasan, pemeriksaan, dan penyidikan. OJK didirikan untuk menggantikan peran Bapepam-LK dalam pengaturan dan pengawasan pasar modal dan lembaga keuangan, dan menggantikan peran Bank Indonesia dalam pengaturan dan pengawasan bank, serta untuk melindungi konsumen industri jasa keuangan.

Dalam kunjungan kali ini diterima oleh Kepala Sub Bagian (KASUBAG) Pengawasan Bank 1&2 OJK Yogyakarta, Ibu Esti Binukaningsih di Aula OJK. Dalam sambutannya, beliau menjelasakan dengan diadakan kegiatan ini bisa memberikan pemahaman terhadap mahasiswa tentang Tugas Pokok serta Fungsi Otoritas Jasa Keuangan. Selain itu juga diberikan materi oleh Ibu Yunian Asih Andriarini sebagai Staf Edukasi Perlindungan Konsumen (EPK) OJK DIY.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dibentuk dengan tujuan agar keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan terselenggara secara teratur, adil, transparan, dan akuntabel, Mampu mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil, dan Mampu melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat.

Dalam sambutannya, Kepala Bagian Kemahasiswaan dan Alumni STIE Widya Wiwaha mewakili Manajemen STIE Widya Wiwaha, Bapak Drs. Mudasetia Hamis, MM., Ak., menjelaskan bahwa kunjungan ini dilakukan adalah untuk membuka cakrawala berfikir mahasiswa menghadapi tantangan tahun 2015 dimana era perdagangan bebas dimulai oleh karena itu perlunya pemahaman mahasiswa tentang Tugas Pokok dan Fungsi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), selain itu menggali ilmu melalui pengamatan langsung dari objek, dan memperkenalkan dunia usaha dalam hal ini OJK DIY yang sesungguhnya kepada mahasiswa serta sebagai tempat belajar yang nyata bagi mahasiswa sehingga mereka mendapat bukti langsung dari teori yang mereka dapat di kelas. Kegiatan ini juga menjadi sebuah pembelajaran dan sebagai apresiasi atas keinginan mahasiswa STIE Widya Wiwaha yang berfikir dinamis dan terus mengikuti tuntutan kemajuan peradaban.

Dalam Kunjungan Industri kali ini turut menyertai Dra. Sulastiningsih, M.Si., Ketua Jurusan Akuntansi Dra. Sulastiningsih, M.Si., Ak., Kepala Bagian Alumni dan Kemahasiswaan, Drs. Mudasetia Hamid, MM., Ak., serta Eko Martanto, SE. selaku bagian Humas STIE Widya Wiwaha Yogyakarta. (Eko Martanto, SE./Public Relatio)

Prasetyo, Agung Slamet. “STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BISNIS TIKET ONLINE STUDI KASUS TIKET2. COM.” Jurnal Kajian Bisnis 25.1 (2017): 74-87.

Photo Gallery