Sebagai lembaga yang terpercaya, profesional, dan berwawasan ke depan unit penunjang akademik dalam hal ini Laboratorium Bahasa memiliki peran strategis untuk memberikan pelayanan di bidang kebahasaan kepada sivitas akademika dan masyarakat luas. Dalam era globalisasi dan informasi, penguasaan ketrampilan berbahasa, khususnya Bahasa Inggris, sangat penting untuk dimiliki oleh siapa saja yang ingin berkompetisi di dalamnya.
Mengingat pentingnya fungsi laboratorium bahasa dalam program pengajaran bahasa asing bagi sivitas akademika dan layanan masyarakat pada umumnya, maka pengajaran secara formal sangat menentukan keberhasilan peningkatan keterampilan berbahasa tersebut. Oleh karena itu, keberadaan Laboratorium Bahasa akan mendukung kemajuan personal dan profesional pada khususnya, dan pembangunan nasional pada umumnya.
Laboratorium Bahasa STIE Widya Wiwaha terdiri dari 1 ruang dengan fasilitas 25 headseat, 1 master control lengkap dengan komputer, monitor, VCD Player LCD dan ruang AC. Dengan dilengkapi fasilitas tersebut, Laboratorium Bahasa mampu memberikan layanan kebahasaan secara lebih optimal kepada sivitas akademika dan masyarakat luas.
Laboratorium Bahasa STIE Widya Wiwaha memiliki struktur organisasi yang ditetapkan oleh Ketua, dan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, laboratorium Bahasa STIE Widya Wiwaha bekerja di bawah koordinasi Pembantu Rektor Bidang Akademik yang menangani masalah pengembangan kebahasaan.